Advertisement here

Apa Klasifikasi Logistik? Apa perbedaan Antara Logistik dan Pengiriman Ekspres?

 


Apa itu logistik?

Logistik adalah proses arus fisik barang dari tempat pasokan ke tempat penerimaan, sesuai dengan kebutuhan yang sebenarnya, proses organik menggabungkan transportasi, penyimpanan, bongkar muat, pengemasan, pengolahan sirkulasi, distribusi, pengolahan informasi dan lain-lain. berfungsi untuk mencapai kebutuhan pengguna.

Peran logistik

Dalam kegiatan arus bisnis, kepemilikan barang berpindah dari pemasok ke peminta pada saat ditandatanganinya kontrak jual beli.

Mulai dari pengadaan bahan baku, diperlukan kegiatan logistik yang sesuai untuk menempatkan bahan baku yang dibeli.Jika tidak, seluruh proses produksi akan menjadi makanan bebas beras; antara berbagai proses produksi, proses logistik bahan baku dan semi -produk jadi juga diperlukan.

Melalui transportasi internasional, merek-merek terkenal di dunia dapat muncul pada orang-orang dengan warna kulit yang berbeda; melalui teknologi penyimpanan yang canggih, buah-buahan dan sayuran segar dapat ditampilkan di musim apa pun, dan setiap detail kehidupan memiliki logistik.

Baca lainnya : High Cube dan Standard Container : Mana yang Lebih Baik?

Klasifikasi logistik

Pasokan logistik 

Kegiatan logistik yang terjadi ketika bahan baku, suku cadang, atau barang lainnya disediakan untuk pelanggan hilir. Logistik pasokan suatu perusahaan juga merupakan logistik pengadaan perusahaan hilirnya.Dalam logistik modern, karena hak untuk mengoperasikan aliran fisik bahan mentah, suku cadang, atau barang lain terletak pada pemasok, umumnya disebut logistik pasokan, bukan pengadaan logistik.

Logistik produksi

Selama proses produksi perusahaan manufaktur, kegiatan logistik bahan baku, barang dalam proses, produk setengah jadi, dan produk jadi di dalam perusahaan.

Logistik penjualan

Kegiatan logistik yang terjadi selama penjualan komoditas oleh perusahaan produksi dan perusahaan sirkulasi.

Reverse logistics

Kegiatan logistik yang dipicu oleh pergerakan barang dari hilir ke hulu dalam rantai pasokan, juga dikenal sebagai logistik terbalik.

Logistik daur ulang

Pengembalian barang, barang yang diperbaiki, dan wadah pengemasan yang digunakan secara bergantian, dll., Adalah kegiatan logistik yang dipicu oleh pengembalian dari permintaan ke pemasok.

Logistik limbah

Suatu kegiatan logistik di mana barang-barang yang telah kehilangan nilai guna aslinya dalam kegiatan ekonomi dikumpulkan, diklasifikasikan, diproses, dikemas, diangkut, dan disimpan sesuai dengan kebutuhan aktual, dan didistribusikan ke tempat pembuangan khusus.

Baca lainnya : Bagaimana Cara Memilih Container Open Top yang Tepat

Proses logistik

Pemesanan

  1. Supervisor angkutan jalan menerima (fax) rencana pengiriman dari pelanggan;
  2. Dispatcher angkutan jalan menerima dokumen pengiriman dari pelanggan;
  3. Memeriksa dokumen

Pendaftaran

  1. Operator transportasi mendistribusikan tujuan pengiriman pada formulir pendaftaran, dan pelanggan penerima mengkalibrasi nomor pengiriman;
  2. Pengemudi (petugas dan kendaraan yang ditunjuk) pergi ke pusat pengiriman transportasi untuk mengambil catatan pengiriman dan mengkonfirmasi tanda terima pada buku catatan transportasi

Penjadwalan Pemanggilan

  1. Isi rencana transportasi;
  2. Isi transportasi dalam perjalanan, status pengiriman, formulir umpan balik pelacakan;
  3. Formulir input komputer.

Pertukaran Armada

  1. Menurut arah pengiriman, berat, volume, pengaturan keseluruhan kendaraan;
  2. Laporkan rencana transportasi ke pelanggan, dan konfirmasikan waktu pengiriman ke pabrik.
  3. Pengambilan dan Pengiriman
  4. Memeriksa kondisi kendaraan;
  5. Tiba di gudang penjemputan pelanggan tepat waktu;
  6. Mengikuti prosedur penjemputan;
  7. Mengambil barang, menutup carport, dan mengunci pintu;
  8. Selesaikan prosedur pabrik;
  9. Hubungi pelanggan penerima untuk memberi tahu pelanggan penerima tentang waktu sebelum kedatangan.

Pelacakan dalam Perjalanan

  1. Tetapkan file pelanggan penerima;
  2. Informasi umpan balik mesin pada waktu yang tepat;
  3. Hubungi pelanggan penerima dengan status pengiriman melalui telepon;
  4. Isi catatan pelacakan;
  5. Hubungi pelanggan tepat waktu jika ada adalah situasi yang tidak normal

Tanda kedatangan

  1. Konfirmasi waktu kedatangan melalui telepon atau faks;
  2. Pengemudi akan menggunakan EMS atau FAX untuk mengirim faks tanda terima untuk menarik Logistik Cheng;
  3. Menandatangani tanda terima transportasi;
  4. Mengirim tanda terima secara teratur ke pelanggan;
  5. Memberikan tepat waktu umpan balik tentang tempat tinggal di pasar lokal Untuk pelanggan.

Resi

  1. Tiba di tempat bongkar yang ditentukan tepat waktu dan akurat;
  2. Serah terima kargo;
  3. Tanda terima 100%, untuk memastikan bahwa kuantitas dan kualitas produk yang diangkut sama dengan outbound pelanggan;
  4. Menyelesaikan pengiriman orang penjualan produk pelanggan di pasar lokal.

Penagihan

Sesuai dengan kesepakatan antara para pihak atau isi kontrak, perusahaan logistik akan mengirimkan barang ke pengangkut, dan proses akan berakhir setelah checkout selesai.

Teknologi logistik modern

  1. Teknologi kode batang, termasuk kode satu dimensi dan teknologi kode dua dimensi;
  2. Teknologi kartu frekuensi radio, juga disebut teknologi RFID;
  3. Teknologi komunikasi jaringan: kabel, nirkabel, jaringan area lokal, VPN, teknologi jaringan seluler, dll.; metode komunikasi dibagi menjadi dua jenis: sinkron dan asinkron; juga dibagi menjadi dua jenis: waktu nyata dan waktu tidak nyata ;
  4. Sistem informasi: perangkat lunak komunikasi, sistem bisnis, sistem penyelesaian, sistem hubungan pelanggan, sistem kinerja dan evaluasi;
  5. Teknologi database: database terdistribusi, database manajemen terpusat, gudang data;
  6. Transportasi dan pelacakan kendaraan dan sistem navigasi sistem informasi geografis: GPS, GIS, dll.;
  7. Kontrol otomatis dan sistem penjadwalan komunikasi: berbagai WCS, perangkat lunak konfigurasi, dll .;
  8. Kontrol dan pengaturan suhu, alarm kebakaran dan keamanan, ventilasi, sistem kontrol pencahayaan, dll.

Perbedaan antara logistik dan ekspress

Pengiriman ekspres: mengacu pada perusahaan pengiriman ekspres yang mengirimkan barang dengan menggunakan container ke pelanggan dengan cepat melalui transportasi kereta api, jalan raya, dan udara. Karakteristik pengiriman ekspres adalah point-to-point, cepat dan nyaman.

Logistik: mengacu pada penggunaan teknologi dan peralatan informasi modern, akurat, tepat waktu, aman, kualitas dan kuantitas, model layanan yang dirasionalisasi dari pintu ke pintu dan proses layanan lanjutan dari tempat pasokan ke tempat penerimaan. Logistik muncul dengan munculnya produksi komoditas dan berkembang dengan perkembangan produksi komoditas.Oleh karena itu, logistik merupakan kegiatan ekonomi tradisional kuno.

Jadi kita bisa melihat bahwa logistik adalah pekerjaan yang sistematis.Pengiriman ekspres adalah pengiriman.Lingkup logistik mencakup pengiriman ekspres.Pengiriman ekspres dapat dikatakan sebagai cabang dari logistik.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
Logistik